Sabtu, 22 Maret 2014

hi ucupers~! udah pada liat banlist baru belom? kira-kira gimana pendapat duelist duelist sekalian? seneng? garing? ato nangis tersedu sedu?


Kali ini Duelist Dewata akan coba menganalisa terkait dengan banlist kita kali ini. oh iya btw yg nulis artikel kali ini orang baru...sebut saja "Tukang Backrow"(?) mungkin kedepannya akan membantu meramaikan artikel di blog ini...jadi, mohon kerjasamanya ya!

bagi yang belom tau banlistnya, bisa diliat listnya dibawah

Banned:
Morphing Jar
Morphing Jar #2

Limited
Coach Soldier Wolfbark
Mermail Abyssgunde
Rekindling
Infernity Barrier

Semi-Limited
Necroface
Hieratic Seal of Convocation

Unlimited
Magical Stone ExcavationPrimal Seed

tumben kali ini listnya dikit ya,..jadi gak capek bikin analisis per cardnya XD

BANNED

bye bye :( (picture from yugioh meme)
Morphing Jar



Kartu jadul yang sudah ada di list Limited selama 11 tahun ini akhirnya di ban juga... Memang kalo dilihat sekilas, efek kartu ini nyerempet-nyerempet ke status banned. dan akhir akhir ini Banlist TCG memang suka menghukum kartu kartu penting untuk deck yang menang 'gak lazim' macam Final Countdown dan Self-Destruct Button. Dengan di Forbid-nya Morphing Jar, maka deck Empty Jar dipastikan 100% mati. ya iya lah! 'Jar'-nya aja kaga ada --"

Morphing Jar #2

well, kartu yang sering jadi siding untuk melawan deck-deck spamming Xyz-Synchro yang susah mati macam Ophion, Laggia, Shi En, dan sebangsanya ini memang cukup aneh untuk di ban langsung karena gak signifikan di Metagame.. Mungkin Konami ingin menghindari deck yang meng-abuse Jackpot 7, ato memang sekedar iseng ato apapun itu, namanya konami setiap bikin banlist harus ada yang bikin 'weteef' kan?



LIMITED


semuanya kartu jago yang lagi ngetren!


Coach Soldier Wolfbark

Untuk limited list, kita kedatangan kartu-kartu yang lagi ngetrend. Salah satunya adalah Wolfbark. Memang kartu ini sangat jago karena dia Beast-Warrior dan bisa membuat Xyz rank 4 dalam sekejap di deck Fire King dan Fire Fist . Dengan dilimitnya kartu ini, maka Fire King akan jatuh konsistensinya. lalu untuk Fire Fist, meskipun tidak terlalu ngaruh ke build 3.5 Axis, tapi ini pukulan telak bagi build yang paling ngetop saat ini, yaitu "Plus One 4-Axis ". Dengan ini, kemungkinan mereka tidak akan terlihat lagi di rancah Competitive.


Mermail Abyssgunde

TCG memang lagi seneng ngelimit kartu-kartu yang eksplosif. dengan Gunde, deck Mermail bener-bener jadi kenceng luar binasa dan menjadi salah satu deck favorit format ini. Dengan Gunde yang hanya satu, kemampuan mermail untuk spam field memang jadi berkurang, tapi dengan sedikit modif dan tweaking, Mermail masih akan tetap menjadi deck populer yang mengerikan di format ini.


Rekindling

Saya cuman bisa bilang "MUATENG KON!" (ceritanya korban dibuli Rekindling dari jaman Flamvell T.T). Saya bingung kenapa kartu gak waras ini baru kena sekarang, padahal dulu tiap banlist saya selalu berharap biar dia kena. Dengan dilimitnya kartu ini, deck Fireking dan FireFist 3.5 Axis akan berkurang speednya. begitu juga dengan Flamvell Synchro Spam, Laval Quasar, dan Jurrac yang biasanya kerjaannya nyepam kartu ini like no tomorrow.


Infernity Barrier

Memang kartu satu ini kerjaannya bikin pengen beres-beres kalo lawan udah set 3 dibelakang. Namun Infernity sendiri tidak terlalu menonjol di event-event besar...entahlah, mungkin pemain infernity disuruh balik ke playstyle spam synchro mereka dahulu yang lebih MANLY. dan sekedar fun fact, Juara 2 NATS Accommodation di Bali memakai Infernity, dan orangnya sendiri padahal lagi merasa decknya punya prospek yang cerah(?). eh, malah kena banlist ..... *MomentOfSilence



SEMI-LIMITED





Hieratic Seal Of Convocation

Kartu galau yang kerjaannya gonta-ganti status, akhirnya kembali lagi ke Semi-limit. Mungkin agar mengurangi konsistensi salah satu deck populer sekarang, Hieratic Ruler. tapi kalo cuma kurang satu sih, rasanya gak sakit-sakit amet


Necroface

Salah satu penunggu setia Limited list, akhirnya kembali ke Dua~. Yah, berhubung Macro Cosmos, Dimensional Fissure, dan Gold Sarcophagus  udah pada limit, rasanya meng-abuse kartu ini udah gak seenak dulu...itung itung ngurangin kartu di daftar limited.



UNLIMITED


Smells like loop

Magical Stone Excavation

Penunggu yang cukup lama nangkring di Semi-Limit, tapi di Semi pun kaga ada yang make, apalagi Magician Of Faith sekarang udah balik, eeh kaga ada yang make juga...wajar sih dibikin 3 daripada menuhin list...mari kita liat bisa apa dia di format sekarang ini.


Primal Seed

Di saat para Chaos Monster broken di ban, dia cuman sampahan. Dan sekarang semenjak BLS-EotB kembali, dia pun dilimit untuk menghindari loop-loop. dan akhirnya sekarang kita boleh pake 3, mungkin ini sekedar iseng untuk meneliti keefektifan kartu ini jika boleh make 3 biji.


CONCLUSION

Jadi gimana menurut para duelist sekalian? diliat dari beberapa komen di FB sih, rasanya banyak yang bilang kalo banlist ini garing. Yah, maklumin lah~ soalnya banlist sekarang 3 kali setahun (eh, ato 4 kali ya? lupa nih XD) jadi kalo tiap banlist pada sadis-sadis, ya kasian dong duelistnya, entar pada bochor bochor...

Dengan Banlist ini, Fire King dan Fire Fist 4 Axis akan menurun performanya, sementara meskipun terpukul, Mermail, Hieratics, dan FF 3.5 Axis rasanya masih akan tetap kompetitif.

Lalu beberapa deck tier 1.5, seperti Bujin, Geargia, Spellbook, Evilswarm dan Harpie yang dulu berada di bayang-bayang Fire Fist dan Mermail, kemungkinan besar akan semakin banyak peminatnya,

Jadi for the conclusion, Format ini tidak terlalu merubah metagame, kita masih berada di format dimana tidak ada 'best deck' yang overused.  Keep Believe in Your Deck and Play Hard! (apaan sih?)

Salam Sejahtera
-Tukang Backrow-











2 komentar: